Social Icons

Pages

Jumat, 27 Februari 2015

Usman Penderita Lepra Bontang


Home / Berita Kota / Usman, Bocah 11 Tahun Penderita Lepra
Usman, Bocah 13 Tahun Penderita Lepra

Usman, Bocah 13 Tahun Penderita Lepra

Bontang. Usman, bocah 11 tahun asal Teluk Pandan Kabupaten Kutai Timur ini menderita penyakit lepra disekujur tubuhnya sejak 3 tahun terakhir. Saat anak-anak lain seusianya hanya sibuk untuk bermain dan sekolah, Usman harus bertahan hidup melawan penyakitnya ini dengan ditemani sang adik yang baru berusia 7 tahun.

Kondisi Usman yang tinggal menumpang pada gubuk kecil ditengah perkebunan milik kerabat jauhnya di wilayah Km-3, terpaksa hidup sebatang kara tanpa orang tua.
Sehari-hari Usman hanya bertahan hidup dari memakan ubi atau singkong yang tumbuh disekitar gubuk, dengan air minum yang terpaksa diambilnya dari sebuah sumur dekat gubuknya, walau tak jarang kerabat jauh turut memberikan beras karena tidak tega melihat kondisi yang dialaminya.
Lagi-lagi karena terbentur masalah ekonomi, usman dan adiknya harus tinggal terpisah dengan kedua orang tuanya.
Mendiang ayahnya yang hanya buruh peternakan ayam potong diteluk pandan, tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup bahkan pengobatanya hingga akhirnya memilih memindahkan usman dan adiknya ke gubuk milik kerabatnya tersebut.
“dia (Usman) dititipkan disini sama mendiang ayahnya, 3 tahun sudah dia dan adiknya hanya bisa tinggal disini tanpa berbuat banyak,” jelas salah seorang kerabat jauh Usman yang tak mau disebutkan namanya.
Beruntung, kondisi usman dan adiknya ini di ketahui oleh Widodo, salah seorang warga yang kemudian berinisiatif untuk membantu meringankan beban usman dengan memberikan bantuan makanan dan pakaian hingga pengobatan.
“saya pertama lihat dia di puskesmas, waktu berobat diantar adiknya dengan kondisi compang camping. Karena nggak tega akhirnya saya coba bantu semampu saya saja sampai sekarang,” jelas Widodo.
Kondisi Usman hingga saat ini tengah dalam pengawasan Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Kota Bontang guna ditindaklanjuti, terutama bagi pengobatan penyakit lepra yang dideritanya.

2 Tahun Menderita Lepra
Dr. Yulisda selaku Pemegang Program Kusta Puskesma Bontang Utara 2 menjelaskan jika lepra yang diderita Usman ini mulai dialaminya sejak 2012 lalu.
Dengan pengobatan intensif yang dilakukan pihaknya, Usman menurut Yulisda tidak lagi berpotensi menularkan lepra dan tengah memasuki fase penyembuhan.
“sudah nggak menular kok, 2 tahun dia menjadi pasien dan terus kami berikan pengobatan,” paparnya.
Dalam 2 tahun terakhir ditambahkan Yulisda, usman hanya berbekal kartu Jamkesmas dari Sulawesi yang didapatkannya, namun pihak puskesmas tetap memberikan pelayanan kepada bocah berusia 11 tahun tersebut hingga saat ini.
“dulu hanya bawa jamkesmas dari Sulawesi saja, tapi dengan keadaan yang seperti ini kami tetap berikan pelayanan terbaik,” tandasnya.

Sumber : PKTV Bontang
Laporan : Ela Narasiani & Ariston Rajab
Editor : Revo Adi M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text